ALQOIMKALTIM.COM – Pimpinan festival Hubungan Organisasi dan Kebudayaan Islam Iran (ICRO) mengatakan Iran naik peringkat ke keempat di bunia dalam bidang teknologi nano yang sebelumnya masuk dalam deretan 10 besar di antara negara-negara dunia yang sedikit mengembangkan teknologi ini.

Iran “menduduki peringkat keempat dalam bidang teknologi nano dan dengan demikian Iran berada di papan atas peradaban Islam kontemporer,”. Kata Muhammad Baqer Khorramshad, Pimpinan ICRO kepada IRNA Kamis (29/09).

Dia menambahkan bahwa “tujuan kita mengikuti festival Hubungan Organisasi dan Keudayaan Islam ini adalah untuk memperkenalkan peradaban  Iran kepada masyarakat dunia.”

Iran mulai investasi usaha di bidang teknologi nano sejak tahun 2001 dengan meluncurkan program-program yang relevan.

Negara yang kini menjadi musuh utama AS  ini memiliki kanaikan peringkat menjadi peringkat pertama dalam produksi hasil riset nano dan produksi yang berbahan dasar nano di kalangan dunia Islam. Sebanyak 65 universitas-universitas Iran dan pusat-pusat ilmiah serta 130 perusahaan-perusahaan Iran telah menerjuni bidang ini.

Menurut Dewan Inisiati Teknologi nano Iran (INIC),  Iran berada dia antara negara-negara sangat sedikit sekali mengembangkan  Teknologi nano Nasional.

Rencana pengembangan teknologi di Iran menjadi priotitas utama pada sepuluh tahun ini, yakni pengmbangan  teknologi energi, air, kesehatan lingkungan, material, dan konstruksi.

Baru-baru ini Para peneliti Iran telah berhasil mengembangkan  mikroskop berkekuatan atom (Atomic Force Microscope (AFM)

Mikroskop berkekuatan atom tersebut akan memberikan para ilmuwan metode pencitraan yang maju dalam ukuran-ukuran nano. Mikroskop yang bisa berfungsi sebagai penscan ini, akan menghasilkan gambar permukaan sampel yang sangat rinci.

Proyek Ini akan memberikan cara yang inovatif dalam pengolahan teknologi nano. Ini dapat membuat gerakan pada skala nano dari setiap fungsi dan sensor yang mungkin.

mikroskop berkekuatan atom tersebut, yang menawarkan duplikasi yang tepat dari berbagai permukaan material, adalah sebuah teknik canggih yang mampu mengembangkan gambaran yang paling akurat dalam proses penelitian.

Produksi alat tersebut telah menempatkan Iran di antara sepuluh negara-negara terkemuka yang memiliki teknologi nano ini.

 


Comments




Leave a Reply

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    June 2012

    beritanluar negri

    All